Al Mujaddid Mencetak Santri Fasih Berbahasa Arab dan Inggris


Pesantren Al Mujaddid yang artinya ‘pembaharu’, merupakan pesantren milik Pemko Sabang  yang terletak di Desa cot Ba’u, Kecamatan Sukajaya, Sabang.

Lokasinya cukup representatif, karena berada di lingkungan yang nyaman di kelilingi hutan kota, jauh dari hiruk-pikuk lalulintas kendaraan bermotor. Lahannya berada di atas tanah seluas 3,5 hektare. Setiap tahun, Pemko setempat mengucurkan dana untuk pesantren ini. Tak heran jika konstruksi bangunannya relatif bagus dan punya satu masjid bagus bernama Jami’ Al Mujaddid. Konsep bangunannya menyerupai Pesantren Gontor. Setiap gedung dinamakan dengan nama daerah pada sejumlah negara seperti gedung Nin Xia (Cina), gedung Aligar (India), Saudi, dan sebagainya.

Pimpinan pesantren Irsalullah, Jumat (12/8), mengatakan, saat ini sudah ada dua jenjang sekolah yakni SMP dan SMA. Layaknya pesantren terpadu, konsep pendidikannya juga memadukan sekolah formal dan keagamaan. Selain informal, santri juga diasramakan dan diajari pengetahuan agama seperti tauhid, fikih, bahasa arab, hadis, dan pelajaran lainnya. Selain warga Sabang, santri berasal dari Banda Aceh, Aceh Besar, bahkan ada yang dari Tapanuli Selatan. Setiap tahun dayah ini menggratiskan 17 santri yatim.

Menurut Irsalullah, di pesantren ini terdapat banyak santri yang pintar  berbahasa Inggris dan Arab. Hampir 65 persen santri sudah lancar berbahasa Inggris dan  Arab. “Mungkin inilah kelebihan kita. Hal ini didukung karena wilayah yang sering dikunjungi warga asing dari Eropa. Sedangkan untuk memperlancar Bahasa Arab, kita sering mengundang para rekan-rekan NGO dari Timur Tengah. Kalau konsep belajar hampir sama dengan pesantren terpadu lainnya, yaitu mendalami ilmu-ilmu agama lebih intensif. Namun mengenai kemampuan berbahasa kita punya banyak aset,” katanya.

Tak heran, santrinya beberapa kali menjadi juara pidato bahasa asing, juara dua pidato bahasa Indonesia seleksi POSPENAS di Banda Aceh, juara tiga bahasa Arab seleksi POSPENAS di Banda Aceh, Juara Cipta Puisi Alquran dan sebagainya. Dalam pendidikan formal, siswa Al Mujaddid menduduki  peringkat tertinggi kelulusan UN di Sabang tingkat SMA dan SMP.  (gun)

0 Komentar